_

Thursday, April 7, 2011

Musical Fountain at Monumen Nasional

Sebagai lambang kota Jakarta, Monumen Nasional atau yang lebih sering disebut dengan Monas, merupakan salah satu tujuan utama wisata bagi masyarakat baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Belokasi di pusat Jakarta dan terletak persis disamping stasiun utama kereta Gambir, Monas memiliki area taman seluas 80 hektar dengan tugu monumen setinggi 132 meter. Tugu Monas merupakan monumen peringatan yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda. Lidah api yang terdapat pada puncak tugu tersebut dilapisi oleh lembaran emas asli yang diamaksudkan sebagai lambang semangat perjuangan yang menyala-nyala.
Banyak masyarakat dari berbagai macam golongan berkunjung kesana sekedar untuk berpiknik, mengunjungi museum yang terletak dilantai dasar tugu Monas, atau naik ke puncak Tugu Monas untuk melihat pemandangan Jakarta dari atas. Untuk masuk ke museumnya, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp2.500,- untuk orang dewasa dan Rp1.000,- untuk pelajar dan anak-anak yang dibuka setiap hari dari pukul 08.00 - 15.00 WIB. Sedangkan untuk naik ke bagian atas Tugu Monas, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp7.500,- untuk orang dewasa dan Rp3.500,- untuk pelajar dan anak-anak.
Sampai saat ini pun area Monas masih tepelihara dengan sangat baik. Berbagai macam peningkatan fasilitas dan daya tarik terus diberlakukan, salah satunya adalah Pertunjukan Air Mancur yang berada di area Monas. Saya pun mengajak Wahyu untuk datang melihat pertunjukan air mancur tersebut. Pertunjukannya tidak dipungut biaya, dilakukan setiap hari sabtu dan minggu yang dilakukan pada pukul 19.00 dan 20.00 WIB. Menurut saya, pertunjukan air mancurnya cukup bagus dan menghibur pengunjung, meskipun masih kalah jika dibandingkan pertunjukan air mancur yang terdapat di Sentosa Island, Singapura. Sayangnya saya tidak membawa kamera SLR dan hanya membawa digicam saya, alhasil gambar yang dihasilkan pun tidak jernih dan blur. Pertunjukan Air Mancur Monas sampai saat ini masih banyak digemari pengunjung dari berbagai kalangan. Sebagai warga Jakarta, tidak ada salahnya untuk melihat pertunjukan ini dan berbaur dengan berbagai macam golongan masyarakat yang ada.. ;)
Monumen Nasional (Monas)
Jl. Silang Monas / Lapangan Merdeka
Jakarta Pusat, 10110 - Indonesia
021-3840451
 
Theme by BloggerThemes & Dfreebies
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates